Jumat, 26 Agustus 2011

Hubungan Antara Teknologi dan Kemiskinan

** Kemiskinan**
     Berbicara tentang kemiskinan khususnya di negara tercinta ini, selalu menjadi topik utama. Kemiskinan sering diilustrasikan sebagai kurangnya pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang pokok. Hidup miskin berarti kekurangan sumber daya yang dibutuhkan untuk berpartisipasi secara signifikan dalam sebuah masyarakat. Cukup relevan jika dikatakan bahwa, kemiskinan selain dapat merupakan pengalaman yang bersifat sementara dan kronis, dapat pula menjadi takdir hidup yang bersifat permanen dari seseorang. Upaya didalam pengentasan kemiskinanpun sudah dilakukan yaitu dengan pendekatan-pendekatan kepada masyarakat mulai dari pemberian sumbangan-sumbangan, bantuan sosial, program jaminan sosial dan lain sebagainya. Sudah barang tentu adalah menjadi tanggungjawab pemerintah untuk memelihara keseimbangan di dalam kehidupan masyarakat melalui kebijakan-kebijakannya, sehingga kesenjangan sosial semakin menyempit. 


** Teknologi **
      Teknologi sebagai suatu seni (state of arts)  yang mengandung pengertian berhubungan dengan proses produksi, menyangkut cara bagaimana berbagai sumber, tanah, modal, tenaga kerja dan keterampilan dikombinasikan untuk merealisasi tujuan produksi. Teknologi memperlihatkan fenomenanya alam masyarakat sebagai hal impersonal dan memiliki otonomi mengubah setiap bidang kehidupan manusia menjadi lingkup teknis. Teknologi berkembang begitu pesat meliputi berbagai bidang kehidupan manusia, luasnya bidang teknik digambarkan sebagai berikut : teknologi meliputi bidang ekonomi, teknologi bidang administrasi, pemerintahan, manajemen, hukum dan militer.
Alvin Tofler (1970) mengumpamakan teknologi sebagai mesin yang besar atau sebagai akselarator (alat pemercepat) yang dahsyat dan ilmu pengetahuan sebagai bahan bakarnya. 

* Dapat disimpulkan bahwa Teknologi dan Kemiskinan memiliki kaitan struktur yang jelas. Perubahan teknologi yang cepat mengakibatkan kemiskinan, karena mengakibatkan terjadinya perubahan sosial yang fundamental.Sebab kemiskinan disebabkan oleh struktur ekonomi, dalam hal ini pola relasi antara manusia dengan sumber kemakmuran, hasil produksi dan mekanisme pasar. Kesemuanya merupakan sub sistem atau sub struktur dari sistem kemasyarakatan termasuk didalamnya ilmu pengetahuan dan "teknologi".


4 komentar:

  1. berharap kebangkitan teknologi dapat digunakansebagai mana mestinya dan makin bikin taraf hidup meningkat bukan sebaliknya

    www.mycoretan.tk

    BalasHapus
  2. sama2.. namanya juga temen lama kan :))

    www.mycoretan.tk

    BalasHapus
  3. Salam kenal ya???? kunjungi Balik ya???? BLOGKU ASSOMAEN http://assomaen.blogspot.com/

    salam kompak buat kamu dari aku Putra Papua

    BalasHapus